Letusan Gunung Api Musnahkan Dinosaurus di China


Beijing - Para ilmuwan mengungkap, etusan gunung berapi pada era Cretaceous kemungkinan besar menyebabkan kematian massal dinosaurus di China.


Profesor Jiang Baoyu, peneliti senior dari Universitas Nanjing, mengatakan fosil di wilayah timur laut China menunjukkan dinosaurus telah mati lebih dari 120 juta tahun lalu oleh aliran abu vulkanik dengan suhu sekitar 200 sampai 300 derajat Celcius.

Menurut Jiang, aliran itu cukup panas untuk membunuh langsung para dinosaurus, tapi tidak cukup untuk melelehkannya, sehingga meninggalkan fosil yang tertutup abu lalu tenggelam dalam danau.

Bentuk fosil ini mirip sisa-sisa ditemukan dari kota Romawi Pompeii, yang terkubur akibat letusan Gunung Vesuvius, demikian lansir kantor berita Xinhua.

Fosil di Jehol Biota yang terletak di timur laut China, yang meliputi bagian utara Hebei, bagian timur Liaoning dan tenggara Mongolia, yang dikenal dengan keragaman fosil tumbuhan dan hewan.

Jiang, bersama-sama dengan empat ilmuwan dari Universitas Nanjing, American Museum of Natural History, dan Los Alamos National Laboratory, mulai melakukan penelitian pada 2011. Mereka pun menerbitkan temuannya itu dalam jurnal ilmiah Nature Communications edisi 4 Februari 2014.

"Temuan kami memberikan pola untuk menjelaskan kematian massal di wilayah tersebut saat itu. Tapi ini tidak bisa menjelaskan secara menyeluruh tentang penyebab kepunahan dinosaurus. Karena penyebab kepunahan mereka jauh lebih kompleks," ungkap Jiang.

Sumber
iklan

0 Response to "Letusan Gunung Api Musnahkan Dinosaurus di China"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar: