Lalat Mampu Bermanuver bak Jet Tempur

Lalat mempunyai kemampuan terbang yang luar biasa. Sangat sulit menangkap serangga tersebut. Para peneliti menggunakan kamera video berkecepatan tinggi untuk merekam gerakan sayap dan tubuh lalat ketika mereka terbang.

lalat

Dari situ, peneliti menemukan lalat bisa bermanuver dengan sangat cepat layaknya pesawat jet tempur. Manuver cepat itu menjadi andalan lalat untuk menghindari ancaman para predator.

Para peneliti mengamati lalat buah dari spesies Drosophila hydei yang dikenal memiliki keahlian terbang sangat baik. Kemampuan terbang serangga yang cuma berukuran 0,3 sentimeter ini mirip dengan jet tempur.

"Lalat-lalat itu bisa berguling 90 derajat, beberapa bahkan nyaris terbalik untuk memaksimalkan tenaga dan kabur," kata Florian Muijres, peneliti biomekanika penerbangan dan renang dari University of Washington di Seattle, Amerika Serikat. Laporan riset mereka dimuat dalam majalah Science edisi 11 April 2014.

Kamera berkecepatan tinggi yang digunakan Muijres dan koleganya sanggup merekam hingga 7.500 frame per detik atau 40 frame setiap kepakan sayap lalat. Sekitar 50 lalat yang diteliti dibiarkan terbang bebas dalam arena yang sudah dipasangi dua alat pemancar laser.

Kamera membutuhkan cahaya terang supaya bisa berfungsi tapi kondisi itu bisa membutakan lalat. Akhirnya para peneliti membanjiri arena dengan cahaya inframerah yang tak terlihat oleh lalat ataupun manusia.

Ketika terbang melewati laser, lalat memicu munculnya bayangan hitam yang menggambarkan predator atau rintangan. Akibatnya, lalat segera menghindar dengan kecepatan luar biasa. Ketika bayangan hitam muncul, lalat segera menghentikan laju terbangnya dan berbelok.

Lalat biasanya mengepakkan sayap sekitar 200 kali per detik. Namun mereka sanggup menghindari bayangan hitam itu hanya dalam satu kepakan sayap. Lalat bisa mengubah arah terbang mereka kurang dari seperseratus detik, 50 kali lebih cepat dari kedipan mata.

Muijres mengatakan otak lalat mempunyai kalkulasi yang mengagumkan sehingga mereka bisa melakukan gerakan secepat itu. "Lalat berputar ke samping mungkin tidak terlalu mengejutkan, tapi kombinasi kecepatan dan akurasi mereka sangat hebat," katanya.

Otak lalat memang sangat kecil tapi mereka sanggup melakukan manuver yang lebih kompleks daripada serangga terbang lainnya. Sebagai perbandingan, ngengat punya otak lebih besar ketimbang lalat tapi mereka cuma bisa meluncur ke bawah untuk menghindari predator.

Para peneliti kini berencana menginvestigasi bagaimana otak lalat membuat keputusan secepat itu. Michael Dickinson, ahli biologi dari University of Washington yang juga terlibat dalam riset, mengatakan lalat punya kemampuan alami untuk terbang cepat. "Mereka tak perlu belajar bagaimana melakukannya," tuturnya.

Sumber
iklan

0 Response to "Lalat Mampu Bermanuver bak Jet Tempur "

Posting Komentar

Silahkan berkomentar: