Tips Agar Memori Iphone yang Penuh Kembali Lega

Mungkin tidak terbersit dalam benak Anda untuk menghabiskan penyimpanan sebesar 32 atau 64 gigabyte ketika Anda hendak membeli sebuah iPhone, sehingga Anda memilih untuk membeli iPhone lebih murah dengan kapasitas penyimpanan yang lebih kecil.


Itu adalah kerangka berpikir yang salah. Anda baru akan menyadari kesalahan saat Anda tidak lagi bisa mengambil foto atau merekam video karena daya tampung di ponsel Anda terlanjur penuh. Hal itu tentunya membuat Anda frustrasi sampai akhirnya Anda terpaksa menghapus sejumlah data demi membuat ruang kosong baru.

Tapi data yang mana? Anda tentunya tahu bahwa data yang paling memakan banyak ruang di ponsel adalah file video. Meski demikian, menghapus satu data download film atau acara TV belum tentu menyelesaikan masalah storage dengan instan begitu saja, Anda juga juga perlu menghapus data aplikasi, foto, dan musik untuk menambah kapasitas ruang storage.

Beruntungnya, iOS 7 memberikan kemudahan untuk mengetahui data apa yang saja yang banyak memakan ruang, serta menyuguhkan cara yang lebih praktis untuk menghapus data.

Anda cukup memulainya  dari sini: Buka Settings, kemudian pilih General, lalu Usage, dan kemudian Manage Storage.


Daftar yang ada pada layar memperlihatkan data apa saja yang paling banyak memakan ruang storage. Dengan memijit tanda > di bagian tepi kanan, Anda bisa melihat detailnya, dan, dalam banyak kasus, langsung menghapus data.

Menghapus film dan acara TV

Pilih Video untuk melihat daftar seperti yang ditunjukkan gambar di bagian kiri:


Di situ terlihat semua data acara TV, film, dan podcasts yang Anda beli atau unduh. Pilih Edit untuk mendapatkan tanda delete merah persis di samping nama data yang ada di sana (lihat foto kanan atas), sehingga Anda bisa menghapus data tak terpakai untuk memberi ruang kosong lebih.

Foto dan kamera

Daftar ini menunjukkan seberapa banyak ruang yang dihabiskan oleh video dan foto, namun, sayangnya, Anda tidak diberikan akses untuk menghapusnya satu-satu. Untuk menghapus foto-foto Anda, metode tercepat adalah dengan memindahkannya ke iTunes, import foto-foto tersebut, dan pilih opsi lanjutan untuk menghapus foto-foto yang baru saja dipindah dari ponsel.

Cara lainnya adalah dengan mematikan Photo Stream untuk mengembalikan kapasitas daya tampung Anda. (Masuk Setting, pilih iCloud, dan matikan Photos)

Aplikasi

Daftar Usage menyajikan deretan aplikasi dengan urutan dari data yang paling besar. Terdapat pilihan Delete App di setiap aplikasi.


Hapus data lainnya

Tidak semua data yang ditampilkan di daftar Usage bisa dihapus.

Tahukah Anda maksud dari grafik berwarna pada ponsel Anda yang muncul di iTunes?


Seringkali, data yang paling banyak memakan ruang justru berasal dari kategori Other. Data apakah itu? Itu adalah cache (data Internet yang tersimpat dalam ponsel untuk melakukan kunjungan ulang lebih cepat), backup, partial download, dan data dari aplikasi built-in iOS 7 seperti pesan teks dan email, misalnya.

Berikut adalah cara untuk menghapus semua itu:

Hapus web browser cache. Ponsel menyimpan halaman web ke dalam memorinya sehingga Anda bisa mengunjungi situs yang sama dengan lebih cepat pada kesempatan yang berbeda. Jika Anda sudah cukup sering menggunakan iPhone, data-data cache itu tentunya memakan cukup banyak ruang. Buka Setting, pilih Safari, pilih Clear History dan Clear Cookies and Data. Anda mungkin bisa mendapat kecepatan akses lebih setelah menghapusnya.

Hapus pesan teks. Pada aplikasi Message, Anda bisa menghapus teks satu-satu atau seluruh percakapan; karena seringkali pesan-pesan tersebut disertai foto, audio, atau video, Anda bisa menyelamatkan banyak ruang penyimpanan data.

Hapus lampiran email. Data-data yang diunduh dengan menggunakan email tentunya memakan banyak ruang. Solusinya adalah dengan menghapus akun email tersebut (buka Setting, kemudian pilih Mail, Contacts, Calendar, dan kemudian nama akun; dan pilih Delete Account) lalu Anda tinggal membuatnya lagi. Pastikan Anda hafal dengan password email sendiri sebelum melakukan ini!

Dengan proses tersebut, Anda akan memusnahkan semua lampiran file dan pesan cache yang pernah Anda buka dan download di ponsel Anda. Ketika Anda kembali membuat akun, data-data tersebut masih tersedia seccara online, siap untuk didownload -tapi hanya ketika Anda membutuhkannya.

Hapus voice memo, file musik, dan ebook. File audio dan iBook juga cukup memakan banyak ruang. Pertimbangkan untuk menghapus rekaman, buku, dan lagu-lagu yang ada dalam aplikasi Voices Memo, iBook, dan Music.

Sumber



iklan

0 Response to "Tips Agar Memori Iphone yang Penuh Kembali Lega"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar: