Heboh Langit California Berlubang, Gejala Alam atau Serangan UFO?

Mungkin akan terlihat aneh apabila secara tiba-tiba melihat langit 'berlubang.' Namun, lubang aneh dan misterius di langit tersebut ternyata ada penjelasan secara ilmiahnya.

Sebuah pemandangan aneh di langit yang muncul di California Utara membuat gempar banyak penduduk di sana atau orang-orang yang melihatnya pada saat itu.


Pemandangan yang memperlihatkan sebuah lubang kecil di langit dan terkesan seakan lapisan bumi sedang bolong tersebut juga menjadi pembicaraan yang hangat di jejaring sosial, khususnya di Twitter.

Dikutip dari Daily Mail (12/05), tidak sedikit yang menyebutkan bahwa lubang di langit tersebut adalah ulah UFO atau makhluk planet lain, namun ada banyak orang lainnya yang lebih percaya bahwa hal tersebut hanyalah fenomena alam yang langka.

Secara ilmiah, ternyata lubang di langit tersebut memiliki penjelasan dan bukanlah hasil karya makhluk planet lain atau UFO. Dalam pengertian ilmiahnya, lubang tersebut dinamakan Fallstreak.

Fallstreak sendiri adalah suatu fenomena atmosfer yang diperkirakan terbentuk karena partikel es dalam udara mulai mengkristal dan menjadi solid di langit.

Dikarenakan solidnya partikel es tersebut, ketika sebuah benda langit seperti pesawat udara yang melintasinya, maka secara otomatis, akan terjadi lubang yang awalnya kecil dan akan terus membesar.

Lubang tersebut tidak secara otomatis dan cepat akan terlihat. Ketika sebuah pesawat terbang melewati atau menerobos gumpalan partikel es tersebut, diperkirakan lubang itu bari akan terbentuk sekitar beberapa jam setelahnya.

Para meteorolog juga menjelaskan bahwa fenomena semacam ini hanyalah sebuah efek optikal yang dihasilkan oleh kondisi cuaca yang langka (Wikipedia).

Sumber

iklan

0 Response to "Heboh Langit California Berlubang, Gejala Alam atau Serangan UFO?"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar: