Gila, Virus HIV Bisa "Kembali" Setelah Dinyatakan Sembuh

Seorang balita perempuan di AS yang terlahir dengan HIV dan sempat diyakini sudah sembuh ternyata masih mengidap virus itu.

Uji laboratorium yang dilakukan pekan lalu terhadap anak berusia empat tahun dari Mississippi itu mengindikasikan bahwa ia tidak bebas dari HIV, kata para dokter. Pada bulan Maret, dia tampak sudah sembuh dari HIV tanpa mendapat perawatan apa pun selama hampir dua tahun.


Berita itu merupakan kemunduran bagi harapan bahwa pengobatan pada tahap yang sangat dini dapat mencegah infeksi permanen. Dr Anthony Fauci, direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular mengatakan kepada media AS bahwa hasil tes itu "sangat mengecewakan" dan berdampak pada studi HIV di AS.

"Kami akan mempelajari studi ini dengan seksama dan memutuskan apakah kami perlu melakukan modifikasi," kata dia.

Teori yang salah
Pengobatan dini pada balita itu sempat mencuatkan harapan bahwa "bayi Mississippi" itu akan hidup bebas HIV. Obat antiretroviral dapat menahan virus itu di aliran darah, tapi HIV punya tempat bersembunyi lain yang disebut "tempat penyimpanan" yaitu perut dan otak.

Jika pengobatan berhenti maka virus itu akan kembali dari tempat penyimpanan dan menyerang kembali.
Dokter awalnya berharap bahwa memulai pengobatan di beberapa jam pertama pasca kelahiran dapat mencegah terbentuknya tempat penyimpanan.

Sumber
iklan

1 Response to "Gila, Virus HIV Bisa "Kembali" Setelah Dinyatakan Sembuh"

  1. Astagfirullah.. maha kuasa Allah.. tapi segala penyakit pasti bisa disebuhkan, tinggal kita manusia harus berusaha, berikhtiar, dan berdoa untuk menyembuhkan penyakit itu..

    BalasHapus

Silahkan berkomentar: