Aneh, Pelangi Ini Melengkung Terbalik

Jika selama ini Anda berpikir pelangi di cakrawala hanya melengkung ke bawah, maka ada baiknya mulai berpikir ulang. Sebab, baru-baru ini sebuah penampakan pelangi unik terlihat di langit Blackpool, wilayah barat laut Inggris.


Dikutip Dream dari laman Daily Mail, Rabu 20 Agustus 2014, pelangi itu bentuknya `ajaib`. Bukan melengkung ke atas seperti yang selama ini banyak kita lihat. Melainkan melengkung ke bawah.

Namun, fenomena itu bukan tidak mungkin terjadi di alam raya ini. Pelangi itu melengkung ke atas karena fenomena alam yang bisa dijelaskan dengan akal.

Pelangi tersebut bisa terlihat melengkung ke atas karena sinar matahari terhalang gumpalan es di atmosfer. Jadi, cahaya matahari terpantul kembali ke atas. Sehingga pendaran warna-warni pelangi tampak melengkung ke atas.

Pemandangan aneh di langit Blackpool pada bulan lalu itu berhasil diabadikan oleh desainer web Ian Brookes. "Saya tidak pernah melihat pemandangan seperti ini sebelumnya, tapi itu ada, melengkung ke atas di langit saat dilihat dari kebun belakang rumah saya," kata pria berusia 43 tahun itu.

"Saat itu cuaca cerah, langit biru dengan hanya sedikit awan putih, tapi Anda tidak boleh melewatkan pelangi ini. Saya terkejut dan istri serta putri saya tidak bisa percaya dengan mata mereka. Mereka hanya berpikir itu indah," tambah Brookes.

Pelangi terbalik memang sangat jarang ditemukan. Biasanya, pelangi semacam ini ditemukan di kawasan Kutub Utara maupun Selatan. Terbentuk ketika cahaya matahari menyinari gumpalan es di langit.

Pelangi yang melengkung ke atas itu terjadi saat sinar matahari menerpa sudut tertentu dari awan tipis pada ketinggian sekitar 7,7 kilometer. Karena ketinggian itu, awan membeku hingga seperti kristal es tipis. Sehingga, pelangi yang terbentuk oleh fenomena ini tidak seperti biasanya, di mana sinar matahari hanya dipendarkan atau direfleksikan oleh tetewan air.

Pelangi terbalik ini juga tidak terjadi saat hujan seperti pelangi yang bisa kita lihat. Bahkan, pelangi ini terbentuk jika langit dalam kondisi cerah dan sedikit awan. Tak hanya bentuk, warna-warna pelangi yang melengkung ke atas ini juga terbalik. Warna ungu berada di urutan teratas. Padahal pada pelangi biasa, yang melengkung ke bawah, warna ini berada paling bawah.

"Pelangi terbalik atau busur circumzenithal adalah contoh halo. Sama dengan pelangi, halo terbentuk saat matahari direfleksikan oleh kristal es," kata Charles Powell, seorang prakirawan cuaca.

"Sudut ideal adalah 46 derajat dan biasanya hanya bagian dari bentuk halo, muncul seperti busur ke arah matahari, maka terlihat terbalik," tambah Powell.

Sumber
iklan

4 Responses to "Aneh, Pelangi Ini Melengkung Terbalik"

  1. Kok bisa melengkung gitu ya gan? Asli kan bukan editan?

    BalasHapus
  2. pelangi terbalik adalah fenomenal alam yang dapat dijelaskan secara fisika....jadi bukan mitos dan tahyul...keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
  3. Eh iya baru tau kalo ada plangi melengkung ke atas

    BalasHapus
  4. Hal yang aneh juga, di hari yang cerah bisa muncul pelangi :)

    BalasHapus

Silahkan berkomentar: