Anggur Pelangi Ini Asli Apa Bukan Sih?

Beberapa waktu lalu foto-foto anggur berwarna-warni yang beredar di internet sempat menghebohkan dan mengundang tanda tanya. Pasalnya warna-warni anggur-anggur tersebut terlalu aneh hingga terkesan tidak nyata. Akibatnya foto-foto tersebut dituduh sebagai hasil rekayasa.


Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang jagung mutiara yang juga berwarna-warni seperti pelangi. Jagung-jagung itu benar-benar nyata. merupakan hasil hibridasi dari berbagai varian jagung dan benihnya pun dijual bebas. Tetapi apakah anggur berwarna-warni ini juga nyata?

Jawabannya ya dan tidak. Anggur yang memiliki buah berwarna-warni memang ada, tetapi sebenarnya itu hanya anggur biasa yang sedang dalam tahap pematangan. Dalam dunia sommelier (minuman olahan anggur) anggur seperti ini sedang berada dalam tahap Veraison, atau 'pematangan awal'. Saat itu anggur masih belum matang sempurna, jadi masing-masing buah memiliki warna yang berbeda.


Hal ini ditegaskan oleh Larry Stone, master sommelier dan pemilik restoran seperti dikutip Oddity Central. "Ketika melalui tahap Veraison, jika anggur putih warnanya akan berubah dari nuansa hijau tua hinga hijau kekuningan. Jika anggur merah cenderung berwarna hijau hingga merah." Tetapi ketika anggur sudah matang sepenuhnya, pada akhirnya semua akan memiliki warna yang sama. Seperti inilah nuansa warna anggur pelangi yang asli.

Sementara foto-foto anggur pelangi dengan nuansa warna kontras, mulai dari biru cerah, hijau neon, hingga ungu terang yang beredar selama ini adalah hasil rekayasa. Beberapa foto itu merupakan kontestan untuk suatu lomba rekayasa foto.


Sayangnya fenomena anggur pelangi ini dimanfaatkan oleh pihak-pihak tak bertanggungjawab yang mencoba mengambil keuntungan dengan cara menjual benih anggur pelangi yang sebenarnya tidak ada, karena pada akhirnya setelah matang semua anggur akan memiliki warna yang sama tergantung varietasnya.

Sumber
iklan

0 Response to "Anggur Pelangi Ini Asli Apa Bukan Sih?"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar: