Telah Ditemukan Fosil Dinosaurus Terbesar

Para arkeolog berhasil menemukan fosil-fosil baru suatu dinosaurus raksasa di Argentina yang paling lengkap yang pernah ditemukan.


Mereka menyebut berhasil mengumpulkan 70 persen tulang-tulang utama yang dibutuhkan untuk menggambarkan mahluk yang dinamai Dreadnoughtus schrani. Itu berarti mereka bisa cukup yakin untuk memperkirakan sosok raksasa masif, yang berukuran 26 meter dari kepala hingga ekor dan beratnya sekitar 60 ton.

Lebih menakjubkan lagi, analisis kerangka yang dilakukan para ahli menunjukkan dinosaurus itu masih dalam masa pertumbuhan. Tak dapat terbayangkan sebesar apa dinosaurus itu tumbuh kalau tidak keburu mati, tak ada yang bisa memperkirakan.


Namanya dari kapal perang
Bebatuan di pegunungan Patagonia tempat dinosaurus terkubur mengisyaratkan hewan belia itu terbunuh dalam suatu banjir besar. Paparan rinci tentang fosil berusia 77 juta tahun tersebut diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports.

Pemimpin penelitian, Kenneth Lacovara dari Drexel University Philadelphia, Amerika Serikat mengungkapkan kepada BBC bahwa ukurannya yang luar biasa menakutkan itulah dinosaurus diberi nama Dreadnoughtus, dari nama kapal perang raksasa tahun 1900an.

"Dreadnoughtus sungguh raksasa ukurannya, dan tak akan ada yang bisa memangsanya, dan sungguh tahan terhadap serangan," paparnya.

Dreadnoughtus merupakan salah satu dari yang disebut titanosaurus, yakni jenis dinosaurus berleher panjang pemakan tumbuhan. Dinosaurus ini merupakan binatang paling raksasa yang pernah hidup di atas permukaan bumi.

Beberapa yang lain, seperti Argentinosaurus yang ditemukan sebelumnya bahkan bisa lebih besar lagi ukurannya dan beratnya bisa mencapai 100 ton.

Memicu perdebatan
Namun perkiraan itu didasarkan pada bukti yang terserak-serak. Untuk Argentinosaurus, misalnya, hanya ditemukan beberapa tulang belakang, tulang pinggul dan beberapa tulang lain.

Sumber
iklan

1 Response to "Telah Ditemukan Fosil Dinosaurus Terbesar"

  1. Wah Artikel bermanfaat nih gan :)

    Cerita Update
    Lirik Lagu Indonesia

    BalasHapus

Silahkan berkomentar: