Inilah 10 Keunggulan Android Lollipop Dibandingkan Versi Sebelumnya

Google baru saja merilis Android generasi terbaru 5.0 Lollipop. Sistem operasi untuk perangkat mobile ini hadir dengan sejumlah fitur unggulan. Apa saja?


Berikut 10 fitur 'manis' Lollipop yang patut seperti dilansir dari laman thegadgetmaster.com.

1. Set-up Assistant
Dengan fitur ini pengguna tidak perlu repot-repot untuk meyetel dari awal ponselnya. Pengguna dapat menginstal aplikasi yang pernah dimilikinya pada ponsel lamanya melalui Google Play. Dengan Set-up Assistant para pengguna tidak perlu lagi meregistrasi ulang seluruh akun di ponsel lama, cukup koneksikan ponsel lama Anda dengan fitur Tap & Go melalui NFC.

2. User Profiles
Seperti namanya, fitur ini dapat memberikan fasilitas untuk membuat profil pada ponsel kita. Layaknya memiliki PC, sekarang Android dapat membuat profil pemilik berkata sandi yang memiliki akses penuh pada ponsel maupun profil tamu (guest) yang memiliki akses terbatas.

3. Screen Pinning
Dengan Android Lollipop penggunanya bisa menandai berbagai aplikasi ataupun permainan yang dapat diakses. Apabila Anda merupakan orang yang sering meminjamkan ponsel ke anak Anda untuk bermain game atau teman Anda untuk mengecek e-mail maka Anda tidak perlu khawatir file-file pribadi akan muncul sehingga mengganggu privasi.

4. Quick Setting
Tidak seperti versi Android sebelumnya, Lollipop menawarkan berbagai shortcut yang dapat langsung diakses dari notification bar. Jalan pintas ini akan meliputi, flashlight, hotspot, rotasi layar, Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS. Terdapat juga slider untuk mengatur intensitas cahaya layar sehingga memudahkan para penggunanya untuk melakukan pengaturan.

5. Penggunaan Baterai Maksimal
Untuk Android 5.0, Google telah melakukan fokus pada ketahanan baterai.  Proyek tersebut bernama Project Volta yang didesain untuk meningkatkan ketahanan baterai dengan optimalisasi daya pada setiap platform.

Android 5.0 akan dilengkapi “JobScheduler” yang dapat mengnon-aktifkan aplikasi yang tidak digunakan sehingga dapat mengurangi konsumsi baterai. Lollipop juga memiliki fitur battery saver yang meninggkatkan masa pakai baterai selama 90 menit. Fitur ini juga akan menampilkan estimasi waktu pengisian daya sampai full dan masa pakai baterai.

6. Notifikasi
Sekarang para pengguna Android dapat mengakses seluruh notifikasi yang masuk ke dalam ponsel melalui layar kunci tanpa perlu membuka kunci ponsel. Notifikasi juga dapat diakses tanpa harus menutup aktivitas atau aplikasi. Kita juga dapat mengatur tingkat urgensi dan waktu munculnya notifikasi sehingga tidak akan terganggu dengan dering ponsel.

7. Peningkatan Multitasking
Jendela multitasking akan dinamakan “Recent” pada Android 5.0 dan juga fungsinya akan ditingkatkan. Sekarang tab dalam browser dapat dipisahkan menjadi single tab dalam multitasking sehingga memudahkan mengakses setiap tab dalam browser.

8. Bluetooth dan NFC
Konektivitas di Android 5.0 juga memiliki hal baru, sekarang Bluetooth dapat bekerja dengan konsumsi baterai yang minimal. Pengguna juga bisa menandai seluruh alat Bluetooth menjadi “trusted device” agar koneksi mudah dan saat tidak ada “trusted device” yang aktif maka Bluetooth akan langsung non-aktif.

9. Desain Grafis Baru
Android Lollipop akan memiliki desain baru, tampilannya akan memiliki grafis yang tebal, warna yang cerah, dan animasi-animasi yang meningkatkan esterika dari dari operasi sistem ini.

10. Flappy Bird
Masih ingatkah game tentang burung yang bikin penasaran dan menggemaskan? Nampaknya permainan ini akan disisipkan dalam operasi sistem ini. Untuk mengaksesnya Anda perlu menuju ke menu pengaturan, lalu pilih “About Tablet” dan klik berulang pada Android version number, setelah itu gambar lolipop akan muncul dan tunggu beberapa saat Anda langsung mengarah ke ‘Flappy Bird’ versi Android.

Demikianlah 10 keunggulan Android 5.0 Lollipop yang bisa Anda nikmati di smartphone baru Anda.

Sumber
iklan

2 Responses to "Inilah 10 Keunggulan Android Lollipop Dibandingkan Versi Sebelumnya"

  1. wah senengnya yang dah punya android lollipop...saya belum punya nih...ada yang mau ngasih gratis g yaa ?:D

    BalasHapus

Silahkan berkomentar: